Kamis, 10 September 2009

Tips Cara mengecek kinerja Antivirus Anda

Tips Cara mengecek kinerja Antivirus Anda

Hal yang paling menyebalkan adalah kalau komputer kita terkena virus. Padahal kita telah menginstal Antivirus di komputer kita dan kita rutin melakukan update tapi tetap saja, virus menyerang komputer kita.
Jangan salahkan antivirus dulu, siapa antivirus anda tidak bekerja secara maksimal (misal tidak melakukan real time scan) sehingga lalai melakukan antisipasi terhadap sebuah virus. Nah sekarang untuk mengecek apakah antivirus anda berjalan dengan baik dan menjaga komputer anda secara real time terhadap bahaya virus, anda bisa melakukan sebuah langkah test sederhana berikut :

1. Copy ‘kalimat’ di bawah ini kemudian paste di Notepad

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

2. Simpan file tersebut. Kalau Antivirus anda berjalan dengan baik, seketika juga file yang anda saving tersebut akan terdeteksi oleh antivirus sebagai “EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H” yang merupakan file test buatan EICAR untuk mengecek kinerja antivirus anda.
3. Jika tidak terdeteksi oleh antivirus anda, coba anda rubah ekstensi filenya jadi *.exe atau *.com atau *.doc, yang penting pokoknya selain *.txt
4. Jika masih juga tidak terdeteksi, maka bisa dipastikan antivirus anda tidak berjalan dengan baik secara real time, dan ini bisa menyebabkan komputer anda terserang virus, meski anda telah menginstal antivirus.
5. Bila tidak terdeteksi secara real time, sekarang coba scan file tersebut secara manual dengan antivirus anda, jika dengan manual scan tetap tidak terdeteksi, maka sudah saatnya anda mengganti antivirus anda dengan yang lebih ampuh. Hehe....
Misal : Kaspersky Antivirus, AVG Antivirus, Avast Antivirus dll. Masih banyak kok antivirus yang ampuh . Tapi saya sekarang pakai yang Kaspersky 2009 8.0.0.506 Antivirus karena mudah digunakan,Scan real timenya selalu berjalan dengan sangat baik, selain itu database virusnya banyak sekali dan rata2 mengenali banyak macam virus .... Itu saranku ....Hehe... Anda juga bisa mendowloadnya disini , bisa juga disini.
Kaspersky Anti-Virus 2009 8.0.0.506 Final
Download
Kaspersky Anti-Virus 7.0.1.325 Final
Download
Download : Update Kaspersky Anti Virus 2010 9.0.0.463
Download : Kaspersky Anti Virus 2010 9.0.0.463

Tidak ada komentar:

Posting Komentar